Suguhan Kuliner Menggoda dari Pulau Dewata (Lengkap dengan Resepnya)

Pulau Dewata Bali merupakan salah satu pulau yang terkenal karena mempunyai beberapa kesenian budaya dan kekayaan alam yang sangat indah dan penuh pesona. Bali mempunyai banyak pantai, hutan – hutan kecil, bukit, pegunungan dan danau yang sangat memukau bagi siapa pun yang mengunjunginya. Oleh karena itu, tidak heran jika setiap musim libur tiba, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara memilih pulau Bali sebagai salah satu tempat untuk menghabiskan waktu liburan mereka bersama – sama dengan keluarga atau teman. Selain keindahan alamnya, Bali memiliki beragam makanan khas yang dapat menjadi daya tarik para wisatawan. Spongeblog merekomendasikan anda untuk mencicipi makanan khas pulau Dewata seperti Ayam Betutu Bali, Serombotan, Nasi Jinggo, dan aneka Jajan Bali ketika berkunjung ke Bali.

1). Ayam Betutu Bali merupakan hidangan yang sangat khas terutama bumbu - bumbunya, berasal dari kombinasi segala macam bumbu, rempah - rempah khas Bali, dan daging ayam yang diungkep dalam waktu tertentu agar semua bumbu meresap ke dalam daging.

Cara membuat Ayam Betutu Khas Bali dapat anda simak seperti di bawah ini :

Sediakan bahan – bahan khsusus seperti : 1 ekor ayam kampung, 3 sdm minyak, 5 lembar daun jeruk, 3 batang sereh diiris halus dan 500 ml santan. Buat bumbu yang dihaluskan : 7 buah cabai merah, 18 butir bawang merah, 6 siung bawang putih, 6 butir kemiri, 1 iris kunyit, 1 iris kencur, ½ sdt merica, 6 buah cabai rawit, 1 sdt ketumbar, 2 sdt terasi, 11/2 sdt garam, gula pasir dan merica secukupnya. Cara memasaknya : bakar ayam menjadi 1/2 matang, angkat. Bumbu yang telah dihaluskan ditumis dengan minyak hingga keluar aroma harum, lalu anda tuang santan sambil diaduk – aduk atau dimasak agak kental, masukkan ayam utuh dan dimasak kembali sampai bumbu kering dan meresap sempurna ke dalam daging ayam lalu diangkat. Selanjutnya, ayam alasi dengan daun pisang lalu dipanggang dalam oven ( arang ) sampai kecokelatan, angkat dan hidangkan di piring cantik.
2). Hidangan khas Bali selanjutnya adalah Sayur Serombotan,  merupakan hidangan khas Bali berupa aneka sayuran yang direbus dan dikombinasikan dengan dua jenis bumbu yaitu sambal kelapa dan bumbu kaples Bali. 

Resep :

Sediakan bahan – bahan seperti : 100 gram sayur kangkung segar yang diambil bagian pucuk dan daunnya saja, 50 gram sayur bayam diambil pucuk dan daunnya, 75 gram sayur buncis dipotong - potong 3 cm, 100 gram tauge, buang akarnya. 50 gram sayur kacang panjang dipotong 3 cm, 50 gram kecipir potong serong 1 cm. Semua sayur direbus setengah matang untuk menjaga zat – zat bergizi yang terkandung di dalam sayuran tetap utuh dan tidak larut ke dalam air panas.

Siapkan bumbu sambal kelapa : kelapa 0,5 butir dibakar sampai wangi lalu diparut, 5 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 3 cabai merah, 3 cabai kecil ( bisa ditambah bila suka pedas ), terasi bakar secukupnya, 3 cm kencur dibakar sedikit, 1 cm lengkuas, garam, gula pasir dan penyedap rasa secukupnya. Siapkan bumbu – bumbu sambal koples ( sambal encer ) : 5 buah cabai kecil, terasi bakar secukupnya, garam, gula pasir dan penyedap rasa secukupnya, 50 gram kacang tanah, 1 buah jeruk limo, air dan minyak kelapa secukupnya.

Cara pembuatan : pertama buatlah sambal kelapa, kelapa dibakar atau disangrai lalu diparut. Bahan – bahan lainnya dihaluskan. Bahan yang sudah dihaluskan dicampur dengan kelapa parutan. Sambal koples ( sambal encer ) dibuat sebagai berikut : terasi dipanggang dan kacang tanah digoreng. Bahan - bahan sambal komples ditambah dengan terasi dan kacang tanah dihaluskan seluruhnya. Selanjutnya, bumbu ini ditambahkan dengan air dan sedikit minyak kelapa, perasan jeruk limo lalu diaduk.

Cara penyajiannya adalah tata semua sayur yang telah anda rebus dalam piring cantik ukuran jumbo, selanjutnya beri tambahan sambal kelapa dan sambal koples secukupnya, terus dicampur dan diaduk. Serombotan ini dapat anda makan dengan sepiring nasi hangat.
3). Hidangan khas pulau Dewata ketiga yang patut anda coba adalah Nasi Jenggo. Nasi Jinggo merupakan makanan khas Bali yang cukup terkenal dan murah meriah. Menurut legenda, nasi Jinggo di Bali pada awalnya berasal dari pasar Kumbasari yang terletak di jalan Gajah Mada Denpasar. Pasar ini buka 24 jam sehingga banyak orang yang memerlukan asupan makanan untuk mengganjal perut mereka supaya tetap betah dan kuat begadang atau bekerja di malam hari. Nasi Jinggo hampir menyerupai Nasi Kucing yang banyak dijual di angkringan - angkringan Yogyakarta. Porsinya sama - sama kecil, tetapi yang membedakan adalah isiannya dan bentuk bungkusan. Isi dari Nasi Jinggo adalah sekepal nasi putih, suwiran ayam bumbu Bali, potongan tempe manis kecil - kecil, potongan kecil telur dadar, serundeng, mie goreng dan sambal. Rasanya ramai, yaitu manis dan pedas. Patut untuk anda coba.


4). Hidangan terakhir yang kami rekomendasikan untuk dicicipi adalah aneka Jajan Bali.  Mirip dengan jajanan pasar di daerah – daerah lainnya di Indonesia, Bali juga mempunyai berbagai macam jajanan pasar yang selain berasa enak, manis dan gurih, juga memiliki harga yang relatif murah ( mulai dari Rp.250 – Rp.1000 ). Salah satu di antaranya adalah Jaje Batu Bedil, cara membuatnya sangat sederhana, dapat anda simak seperti dijelaskan di bawah ini :

Resep :

Sediakan bahan – bahan seperti : 150 gram tepung ketan, 50 gram tepung beras, 75 tepung kanji, 1 sdt air kapur sirih, ambil yang beningnya, 175 ml air hangat, ½ sdt garam, 1 ½ liter air untuk merebus, 3 lembar daun pandan, simpulkan, 650 ml air ( untuk bubur ), 250 ml air santan dari ¼ buah kelapa, 200 gula merah, iris tipis - tipis, 1 sdm gula pasir, 1 sdm tepung beras, larutkan dengan 50 ml air, 2 sdm kelapa parut, untuk taburan.

Cara membuatnya : campur tepung ketan, beras, dan kanji. Aduk bersama air kapur sirih dan air hangat, sampai menjadi adonan yang bisa di ulung atau kalis. Bentuk adonan menjadi bulat – bulat kecil, sisihkan. Masukkan ke dalam air mendidih, dan masak sampai terapung. Tiriskan dan sisihkan. Masak air, santan, gula merah, gula pasir, dan daun pandan sampai mendidih dan gula hancur. Angkat dan saring. Panaskan kembali, lalu tambahkan larutan tepung beras. Masukkan bola - bola tepung beras. Masak sambil di aduk dengan hati – hati dan mendidih. Angkat. Sajikan dengan taburan kelapa parut di atasnya.
Demikianlah empat jenis suguhan menggoda dari pulau Dewata yang patut untuk anda coba apabila suatu ketika anda mendapatkan kesempatan untuk melakukan perjalanan liburan ke pulau Dewata Bali. Selamat menikmati !

Artikel Blog Travel Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top