Segarnya Teh Maroko, Perpaduan Mint dan Teh Hijau

Teh termasuk salah satu minuman terkenal di dunia karena khasiat dan manfaatnya. Tapi tahukah anda bahwa Budaya minum teh pada masing-masing negara ternyata mempunyai keunikan dan variasi sendiri sesuai dengan budaya dan kebiasaan masyarakat di negara tersebut. Kalau di Indonesia anda mengenal teh tubruk atau teh dengan aroma melati, maka di negara - negara lain terdapat beberapa variasi rasa teh dengan proses menyeduh yang unik. Budaya minum teh ini dideskripsikan mulai dari cara teh dibuat dan diminum, cara orang berinteraksi dengan teh dan aspek estetika seputar minum teh yang amat berbeda menyesuaikan dengan budaya berasal. Mungkin anda sering mendengar istilah afternoon tea sebutan budaya minum teh di Inggris, namun tahukah anda bahwa masih banyak masyarakat di seluruh dunia yang tidak familiar dengan budaya minum teh seperti di Maroko yang mempunyai budaya minum teh sangat unik. Di Maroko, proses menyeduh teh memerlukan waktu lebih lama jika anda bandingkan dengan negara-negara lain. Mereka mempunyai 3 kali tahapan dalam proses penyeduhan untuk mendapatkan secangkir rasa teh yang pas menurut lidah mereka. Kali ini Spongeblog Network akan berbagi informasi tentang kekhasan teh Maroko lengkap dengan budaya minum tehnya.

Masyarakat Maroko gemar minum teh hijau yang beraroma mint. Acara afternoon tea mereka dilakukan dengan menyeduh teh hijau memakai sedikit air mendidih dalam teko teh, lalu teko tersebut digoyang - goyangkan, kemudian dituang ke salah satu cangkir cantik. Setelah itu mereka menyeduh lagi, tapi kali ini airnya dibuang. Selanjutnya yang terakhir adalah mereka seduh lagi teh dengan memasukkan beberapa lembar daun mint segar dan gula atau madu secukupnya dan air seduhan teh pertama ke dalam teko, lalu digoyang - goyangkan lagi. Proses akhir inilah merupakan air seduhan yang dapat dinikmati. Air seduhan pertama adalah penentu dalam menguatkan rasa teh asli Maroko ini. Perlu juga diperhatikan tata cara menuangkan teh dari teko ke cangkir-cangkir cantik yaitu dengan hati-hati dan sopan, anda harus mengangkat teko cukup tinggi dari cangkir yang ada di atas meja.

Apabila sekali waktu anda merasa bosan dengan teh manis biasa ala orang Indonesia, mungkin anda dapat mencoba membuat secangkir teh Maroko atau Moroccan Tea. Di bawah ini diberikan ulasan singkat cara mengolah teh hijau dengan campuran daun mint yang disuguhkan panas - panas. Slurppppp ... berasa manis dan menyegarkan, yuk simak bersama-sama :

1). Untuk membuat teh Maroko otentik, siapkan teko Maroko yang berukir, bermoncong panjang dan sangat kecil, serta terbuat dari stainless steel sehingga sewaktu-waktu bisa anda panaskan di atas api. Jangan lupa sediakanlah beberapa gelas teh kecil dan nampan.
2). Biasanya, orang Maroko asli memakai daun teh hijau dari China yang digulung dan dibentuk bulat kecil ( gunpowder tea ). Gulanya adalah dalam bentuk padat dan berbentuk kerucut dengan berat 2 kg, atau gula padat berbentuk balok dengan ukuran 30 gram.

3). Beri tambahan rasa dengan herbal. Biasanya dipakai spearmint, sage, wormwood, lemon verbena, thyme liar, dan geranium liar.

4). Selanjutnya adalah cara memproses penyeduhan teh Maroko yaitu sedikit rumit, memerlukan banyak peralatan, dan memakan waktu cukup lama. Namun anda tidak perlu merasa khawatir, ada cara praktis dan lebih mudah untuk dipraktekkan yaitu dengan menyeduh dua sendok teh kering dengan setengah liter air mendidih lalu didiamkan selama kurang lebih 15 menit. Tanpa diaduk, saring campuran teh ke panci. Lalu anda tambahkan gula atau madu ( sekitar satu sendok teh per 100 ml teh ) ke air teh, didihkan kembali dengan api sedang. Langkah atau proses memasak inilah yang membuat teh Maroko bercitarasa khas dan kental.

5). Anda dapat meletakkan atau menambahkan beberapa lembar daun mint segar ke dalam teko atau langsung di tiap cangkir-cangkir cantik dan gelas teh. Beri jarak yang cukup antara teko dan gelas di meja ketika anda hendak menuangkan teh supaya timbul busa di permukaan teh. Akhirnya, andapun siap menikmati acara afternoon tea bersama dengan kue – kue lezat lainnya seperti sandwich, kue manis atau aneka cake ( chocolate fudge, stroberi short cake, dan scones ), sandwich mini dan french pastries.

Teh Maroko tidak hanya dinikmati oleh masyarakat di Maroko saja, namun beberapa negara -negara Afrika Utara lainnya seperti Tunisia dan Aljazair juga gemar dengan minuman olahan berbahan dasar daun teh hijau kering dan daun mint segar ini. Biasanya di negara tersebut Minuman teh ini dinikmati sambil mengudap kue seperti sfenj, harcha, krachel, atau briouats dan jenis-jenis kue lainnya bersama dengan keluarga mereka di rumah.

Bagaimana tertarik untuk menikmati teh khas maroko beserta budaya minum tehnya? selamat mencoba.



Artikel Blog Travel Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top